Jumat, 28 September 2018

VP JUSUF KALLA : PBB MUNGKIN MENJADI USANG REFORMASI

VP Jusuf Kalla : PBB Mungkin Menjadi Usang Reformasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau yang populer dikenal sebagai Bapak JK, mengatakan dalam pidatonya di Majelis Umum PBB ke-73 di markas PBB, New York, Amerika Serikat bahwa reformasi diperlukan bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membendung tantangan hari ini yang semakin menjadi lebih kompleks. .

JK menggarisbawahi masyarakat membutuhkan PBB untuk menjadi responsif, bertanggung jawab dan kredibel. Jika tidak PBB akan usang dalam mengatasi kebutuhan dan tantangan hari ini dan besok, kata Wakil Presiden pada hari Jumat, 28 September 2018.

JK mengatakan PBB harus menunjukkan kepemimpinan sejati yang umumnya dianggap sebagai negara adikuasa yang dimiliki oleh superhero. Namun, lanjutnya, dunia tidak perlu mencari pahlawan super seperti Avengers atau Justice League. Kami di ruangan ini adalah pemimpin global. Secara kolektif, kami juga memiliki kekuatan seperti superhero, katanya.

JK melanjutkan dengan mengatakan bahwa peran para pemimpin sangat penting di tengah tantangan kompleks dunia, termasuk ketidakstabilan dan konflik sosial, kemiskinan dan kesetaraan ekstrim, pemikiran zero-sum dan nasionalisme sempit, serta pelanggaran demokrasi dan hak asasi manusia.

Kepemimpinan yang tulus dan bertanggung jawab, lanjutnya, diharapkan dapat mengantarkan perdamaian dan kemakmuran kepada masyarakat. Menurut Pak JK, setiap pemimpin harus mulai dari daerah masing-masing dan membangun kemitraan dengan orang lain untuk mencapai tujuan ini.

JK juga menyentuh komitmen PBB untuk mengamankan perdamaian dunia yang akan dipertanyakan jika PBB gagal menyelesaikan konflik Palestina-Israel. Negara Indonesia tidak akan berdiam diri terhadap negara yang menghancurkan integritas wilayah negara lain, tegasnya.

1 komentar :