Senin, 03 Juni 2019

SEKITAR 100 KELOMPOK ISLAM DI GOWA MELAKUKAN SHOLAT IDUL FITRI PADA HARI SENIN

SEKITAR 100 KELOMPOK ISLAM DI GOWA MELAKUKAN SHOLAT IDUL FITRI PADA HARI SENIN

Sekitar 100 anggota kelompok An-Nadzir berkumpul pada hari Senin pagi 3 Juni 2019, di desa Islam An-Nadzir di Kecamatan Romang Lompoa di Kabupaten Bonto Marannu di Gowa, Sulawesi Selatan, untuk melakukan sholat Idul Fitri.

Berdasarkan pengamatan dan perhitungan kelompok, mereka percaya bahwa hari pertama Idul Fitri jatuh pada hari Senin.

Setelah mengamati bulan dan tanda-tanda alami lainnya, kami memutuskan Idul Fitri jatuh hari ini, kata ketua dewan pengawas An-Nadzir M. Samiruddin Pademmui pada hari Senin.

Setelah melakukan sholat subuh pada hari Senin, sejumlah orang berbondong-bondong ke lokasi di mana shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Para penyembah pria mengenakan sorban di atas rambut mereka yang berwarna cerah, ciri khas dari jemaat. Betina mengenakan jilbab atau burka seluruh tubuh hitam.

Kelompok ini merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadhan, lebih awal dari Muslim lainnya di seluruh nusantara. Sebagian besar Muslim masih menjalankan puasa pada hari Senin karena Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada hari Rabu.

Kementerian Agama akan mengadakan pertemuan isbat konfirmasi dengan berbagai organisasi Islam sore ini untuk memutuskan hari pertama Idul Fitri.

Kombinasi metode, yaitu hisab (perhitungan astronomi) dan rukyat (pengamatan visual) dari bulan baru, akan digunakan selama masa isbat.

Muhammadiyah, sementara itu, sebelumnya mengumumkan bahwa hari pertama Syawal, bulan setelah Ramadhan, akan jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019, berdasarkan perhitungan astronomi mereka sendiri.

0 komentar :

Posting Komentar