Rabu, 06 Juni 2018

3 EFEK KESEHATAN TUBUH SESUDAH MAKAN SAHUR




MARINA118

Makan sahur adalah salah satu kebiasaan adat istiadat orang islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.dengan itu makan sahur juga memiliki tujuan khusus selain untuk adat istiadat. Makan sahur juga bertujuan untuk membantu kekuatan fisik dari anak anak menuju dewasa dengan waktu yang cukup lama selama belasan jam.

Waktu berbuka ataupun sahur di penghujung malam memiliki rasa tantangan sendiri bagi umat yang nenjalankan ibadah puasanya karena rasa lelah dan rasa ngantuk tetapi umat yang menjalankan sangat senang menjalankan karena menambah pahala bagi yang menjalankan.Kebanyakan setelah menjalankan ibadah sahur banyak orang melanjutkan tidurnya sebelum melakukan akivitasnya dan itu juga memiliki dampak negatif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Efek negatif seseorang tidur saat makan sahur:

1.Kenaikan asam lambung



Proses pencernaan makanan melibatkan makanan.jadi setiap orang apabila makan langsung tidur akan menimbulkan asam lambung menaik.Gejalanya nyeri di sekitar ulu hati ataupun perut kiri bagian atas.

2.Gangguan saluran pencernaan



orang normalnya,pengosongan makanan bisa terjadi sekitar 2jam setelah makan.Namun posisi berbaring dapat menimbulkan proses pengosongan lambung tersebut.Jika terus menerus akan menibulkan gangguan  pencernaan yaitu diare ataupun sembelit.Oleh sebab itu kita pada saat berbuka puasa di sarankan supaya kurangin makanan yang berlemak,memiliki kadar gula yang tinggi dan perbanyak untuk makan makanan yang berjenis sayuran ,buah buahan supaya yang kita makan tetap di cernah dengan lancar,

3.Stroke



Salah satu penyakit ini tentu semua orang mengetahui bahwa penyakit tersebut sangat berbahaya.Jenis stroke ada 2 jenis yaitu yang pertama adlah stroke penyumbatan,dan stroke pendarahan. Stroke yang berhubungan dengan kebiasaan makan langsung tidur adalah stroke penyumbatan.Dalam jangka panjang,maka otak akan kekurangan oksigen dan akan menyebabkan stroke.

Bahaya tidur setelah makan sahur ini tidak dapat di pandang sebelah mata.Maka lakukanlah kegiatan yang bermanfaat seperti membaca,mengaji ataupun berzikir kepada Tuhan.





0 komentar :

Posting Komentar